Jumat, 12 Juni 2015

[SoftSkill] Cara Mendaftarkan Website ke Webmaster Tools

Memiliki website yang banyak dicari oleh netizen adalah impian setiap pebisnis. Karena website atau blog sendiri memberikan kontribusi besar untuk kebutuhan marketing sebuah bisnis. Dan salah satu yang mendukung perkembangan sebuah website atau blog di mesin pencari Google adalah Webmaster Tools. Dari sini kita bisa melihat dan mengatur bagaimana website kita akan tampil nantinya. Nah, berikut ini adalah cara mendaftarkan website ke webmaster tools.
? Gunakan Akun Gmail Anda, jika belum punya silahkan daftar dulu.
? Akses ke alamat Webmastertool.
? Setelah Anda Sign in, selanjutnya Anda akan melihat halaman seperti gambar dibawah ini dan masukkan URL website atau blog Anda dengan klik Add A Site.
1
? Setelah itu Anda akan di bawah ke verifikasi, di verifikasi itu ada 2 Metode, yaitu Recommended Method dan Alternate Method.
2
*Penjelasan:
Jika Anda memilih Recommended Method Anda harus mendownload file HTML di nomor 1, dan setelah itu Anda upload ke folder root website anda melalui FTP, setelahAnda upload silahkan klik Verifiy.
3
*Penjalasan:
Jika Anda memilih Alternate methods Anda 4 pilihan. Jika Anda menggunakan CMS WordPress atau Blogger, Anda harus menggunakan metode yang ini dan memilih HTML Tag.
Untuk memasukkan di WordPress.com Anda copy code tersebut dan masukkan ke menu tools dan masukkan di kolom Webmastertool Google.
Setelah itu aktifkan, jika Anda menggunakan WordPress untuk self hosted dan menggunakan: All in one SEO Anda bisa memasukkan ke setingan All in one SEO setelah itu simpan dan lakukan verifikasi.
? Jika proses verifikasi di atas sudah Anda lakukan dan berhasil, sekarang Anda harus memasukkan Sitemap.xml website atau blog Anda juga dengan cara masuk ke menu Crawl dan klik tombol Add/Test Sitemap, setelah itu masukkan url sitemap.xml seperti gambar dibawah ini.
4
Selain kegunaan diatas, masih banyak lagi kegunaan dari Google Webmastertool, seperti kita bisa menghapus URL yang sudah rusak atau 404 di Google index -> Remove URL dan juga bisa melihat url kita yang rusak di Crawl Errors dan juga bisa langsung dihapus.
Sumber: http://mediabisnisonline.com/cara-mendaftarkan-website-ke-webmaster-tools/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar