Jumat, 12 Juni 2015

[SoftSkill] 13 Aplikasi Terbaik Media Sosial

Mengenal media sosial tidak lengkap rasanya ketika kita tidak membahas tentang aplikasi apa saja yang membantu sosial media itu berguna bagi masyarakat. Kemajuan teknologi membuat setiap orang ingin serba instan dalam menggunakannya, begitu juga dalam bermedia sosial. Berbagai aplikasi sudah diciptakan dan diakui banyak berpengaruh terhadap kehidupan komunikasi masyarakat. Terlebih saat smartphone mulai menjamur dan banyak digunakan. Dan berikut ini adalah list 13 aplikasi media sosial yang sangat banyak digunakan dan berpengaruh untuk komunikasi masyarakat.

1. WhatsApp

whatsapp-is-a-simple-way-to-message-for-free
Hampir di semua jenis Smartrphone, aplikasi ini sudah dapat kita jumpai. Aplikasi yang dapat kita gunakan untuk berbagi informasi melalui pesan teks, audio, visual dan juga video. Aplikasi ini disediakan gratis di berbagai perangkat, seperti iOS, Android, dan juga Windows Phone. WhatsApp yang memiliki tampilan dan isi yang hampir sesuai dengan kebutuhan komunikasi digital saat ini membuat Facebook mengakuisisi WhatsApp di awal tahun ini.

2. Vine

vine-is-a-creative-way-to-share-6-second-looping-videos
Jika Anda seorang kreativ yang tertarik dengan dunia pembuatan video, maka aplikasi ini cocok untuk Anda. Vine merupakan aplikasi yang ditujukan bagi Anda yang suka membuat video singkat. Vine memberikan Anda waktu 6 detik untuk membuat video menarik dan membagikannya kepada teman – teman Anda. Anda bisa mengedit video tersebut dan kemudian mempostingnya di Twitter dan juga Facebook, Anda juga bisa meng-import video ke dalam smartphone Anda. Terdapat komunitas yang akan membantu Anda untuk saling menemukan, follow, dan berinteraksi dengan pengguna Vine lainnya. Aplikasi ini GRATIS untuk pengguna iOS, Android dan juga Windows Phone.

3. Snapchat

snapchat-is-the-best-photo-messaging-app-out-there
Snapchat awalnya hanyalah sebuah aplikasi yang diciptakan untuk berbagi foto dan video ke teman – teman Anda. Tapi aplikasi ini dengan cepat berkembang menjadi aplikasi no.1 untuk alat komunikasi secara visual. Selain dapat saling berbagi dan berinteraksi dengan konten visual, Anda juga bisa mengirim pesan teks langsung dari dalam aplikasi tersebut. Aplikasi ini gratis bagi pengguna iOS dan juga Android.

4. Secret

secret-is-a-social-message-for-saying-whats-really-on-your-mind
Secret adalah aplikasi yang memungkinkan Anda dan teman Anda untuk berbicara dengan bebas satu dengan lainnya di seluruh dunia. Sesuai dengan namanya aplikasi ini dapat membantu Anda membuat pertanyaan yang jawabannya hanya “ya” dan “tidak”. Untuk membuat postingan Anda nampak lebih indah, Secret telah memberikan Anda akses ke Flickr untuk mendapatkan dan menggunakan gambar sebagai latar belakang pesan Anda.

5. Instagram

theres-no-better-place-to-share-photos-than-instagram
Siapa yang tidak mengenal Instagram? Hampir semua pengguna smartphone sudah sangat akrab dengan aplikasi foto dan gambar ini. Aplikasi ini memberikan kita keleluasaan untuk mengupload berbagai foto dan membagikannya ke media sosial yang kita miliki. Disini kita juga bisa menambahkan caption di setiap foto yang diunggah. Terdapar juga fitur untuk memberikan tag atau tanda kepada teman kita. Aplikasi ini disediakan gratis untuk pengguna iOS, Android, dan Windows Phone.

6. Twitter

the-official-twitter-app-is-a-great-way-to-keep-up-with-your-tweets-on-the-go
Jika selama ini kita mengenal Twitter sebagai media sosial yang hanya dapat digunakan di layar desktop, tapi kini aplikasi Twitter juga sudah disediakan di berbagai jenis Smartphone, seperti iOS, Android, dan juga Windows Phone. Anda bisa membuat berbagai tweet baik teks maupun visual. Saling memfollow teman, me-retweet posting masing – masing teman dan lain sebagainya.

7. Tumblr

update-your-blog-on-the-go-with-tumblr
Sejalan dengan Twitter, Tumblr kini juga sudah memberikan kemudahan dengan menyediakan aplikasi berbagai mobile kepada penggunanya. Anda bisa saling mem-follow blog teman Anda dan membuat berbagai postingan yang simple, baik berupa teks, audio, visual, quote dan juga video. Aplikasi Tumblr ini disediakan gratis di perangkat iOS, Android, dan juga Windows Phone.

8. LinkedIn

linkedin-is-the-best-network-out-there-for-managing-your-professional-connections
Memiliki lebih dari 300 juta pengguna di seluruh dunia, LinkedIn merupakan aplikasi media sosial yang cukup populer. Bukan hanya karena dapat mengunggah berbagai informasi seputar kemampuan, pekerjaan dan CV, tapi LinkedIn telah banyak menghubungkan para pencari kerja dengan berbagai perusahaan atau komunitas yang sesuai dengan keinginan pengguna. LinkedIn telah banyak membantu para Premium Subscriber untuk saling melihat profil setiap hari dan juga menyediakan informasi tentang update profile kepada koneksi Anda.

9. Facebook

stay-in-touch-with-your-friends-and-family-wherever-you-are-with-facebook
Tidak lengkap rasanya ketika berbicara tentang media sosial tanpa membahas media sosial yang sangat fenomenal. Facebook merupakan media sosial yang paling banyak digunakan dan sangat umum untuk dibahas. Hampir setiap orang yang mengenal internet pasti akan membuat dan memiliki akun facebook. Terlepas dari itu, Facebook yang kini telah memiliki aplikasi mobile lebih memudahkan penggunanya untuk saling berbagai status berupa teks, visual dan juga video. Aplikasi ini disediakan gratis bagi pengguna iOS, Android dan juga Windows Phone.

10. TapTalk

taptalk-makes-it-easy-to-send-photos-and-videos-to-your-friends-with-a-lightning-fast-interface
Setelah itu ada TapTalk yang merupakan aplikasi pesan pribadi dengan keunggulan lebih cepat. Dengan mengatur icon teman – teman Anda dalam tata letak grid, Anda dapat dengan cepat menekan gambar mereka untuk mendapatkan foto mereka. Untuk mengirim video, Anda cukup dengan hanya menahan icon mereka untuk merekan dan melepaskannya ketika sudah selesai. Aplikasi ini disediakan gratis untuk iOS dan Android.

11. Facebook Messenger

facebook-messenger-is-great-for-reaching-out-to-your-facebook-friends
Merupakan aplikasi turunan Facebook, aplikasi ini menangani semua komunikasi real-time Anda di dalam Facebook. Anda bisa memberikan pesan kepada teman – teman Anda, mengirim gambar dan video dan bahkan melakukan panggilan dengan jaringan Wi-Fi ketika Anda sedang berada di luar ruangan. Aplikasi ini disediakan gratis untuk iOS, Android, dan juga Windows Phone.

12. Pinterest

pinterest-is-perfect-for-sharing-photos-of-your-interests-with-your-friends
Jika Anda tertarik dengan dunia visual atau gambar – gambar menarik, Pinterest bisa menjadi tempat Anda untuk mendapatkan gambar menarik. Ketika Anda mencari dan menemukan gambar yang sesuai dengan minat Anda, Anda bisa langsung menandainya dengan pinboard virtual yang nantinya akan bertindak seperti kolase kreatif Anda sendiri. Aplikasi ini sekarang sudah disediakan untuk versi mobile yaitu gratis untuk iOS, Android dan Windows Phone.

13. Hinge

hingetindergrindrokcupid-are-the-next-generation-of-dating-apps
Merupakan salah satu aplikasi yang membantu setiap orang untuk bertemu dengan berbagai orang yang sebelumnya tidak dikenal. Hinge membantu Anda menemukan orang – orang yang teman Facebook Anda sudah mengetahui sebelumnya. Anda hanya membutuhkan akun Facebook untuk dapat melihat rincian menarik tentang seseorang dan melakukan perkenalan untuk kemudian membantu Anda melakukan percakapan dengan mereka. Aplikasi ini disediakan gratis untuk iOS dan Android.

[SoftSkill] Tahukah Anda, Menggunakan SSL Dapat Meningkatkan Kecepatan Akses Website?

Sehubungan dengan artikel sebelumnya “Pentingnya HTTPS (SSL) untuk Meningkatkan Rangking Website Anda di Google”, ada fakta menarik juga berkaitan dengan penggunaan SSL. Penggunaan HTTPS (SSL) ternyata juga dapat meningkatkan kecepatan dalam proses transfer konten suatu halaman website. Hal ini dikarenakan penggunaan SSL akan dapat memicu aktifnya protokol SPDY. SPDY adalah protokol yang sengaja dibuat oleh google untuk mempercepat akses halaman website. SPDY akan memanipulasi trafik HTTP dengan tujuan mengurangi load halaman web, dan meningkatkan keamanannya.
Apakah semua browser sudah mendukung SPDY?
Implementasi SPDY sendiri saat ini telah aktif pada sebagian besar browser yang biasa digunakan seperti chrome, chromium, firefox, amazon silk dan internet exporer. Oleh karena itu, penggunaan SSL akan sangat penting bagi website Anda.
Bagaimana SSL dapat memicu SPDY untuk mempercepat load website?
SPDY akan memprioritaskan dan melakukan multiplexing pada transfer pada resource web page sehingga hanya satu koneksi yang dibutuhkan. Header akan ditransmisikan dengan melakukan kompresi gzip atau deflate sesuai dengan design sistem.  SPDY memungkinkan browser untuk melakukan query untuk multiple objek dalam satu request yang mana hal ini dapat memacu performa yang lebih baik.
Apa yang perlu ditambahkan selain SSL?
Untuk dapat menggunakan SPDY, Anda perlu memastikan webserver yang Anda gunakan telah support SPDY. Penggunaan apache biasa tidak support untuk SPDY. Anda perlu menambahkan mod_spdy agar bisa mengunakannya.
Web server lain yang support untuk SPDY adalah nginx dan juga litespeed dan Anda tidak perlu menambahkan module apapun jika menggunakan web server ini. Sementara varnish hingga saat ini masih belum support untuk SPDY karena menggunakan algoritma yang berbeda.
Tetapi terlepas dari itu semua, bukanlah suatu kerugian untuk meningkatkan performa dan kemanan website kita, terlebih dengan kemudahannya dengan harga yang murah seperti di jagoanhosting.com. Jadi apa lagi yang perlu Anda pikirkan?

Sumber : http://mediabisnisonline.com/tahukah-anda-menggunakan-ssl-dapat-meningkatkan-kecepatan-akses-website/

[SoftSkill] Apa Sih Bedanya HTTP dan HTTPS? Pelajari disini

HTTP dan HTTPS pada dasarnya adalah kode bahasa protokol  yang tidak asing lagi bagi pengguna internet, karena di setiap link yang mengacu pada sebuah website pasti menggukannya. Kode ini juga sering di jumpai ketika kita hendak melakukan browsing atau membuka halaman website tertentu. Kita di minta untuk mengetik kode tersebut di awalnya dan diakhiri dengan titik dua dan garis miring kembar ketika kita melakukan browsing halaman website yang diinginkan.

HTTP ( Hypertext Transfer Protocol)

Hypertext Transfer Protokol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan yang disebut dengan dokumen hiperteks yang kemudian membentuk World Wide Web pada tahun 1990 oleh fisikawan inggris yang bernama Tim Berners Lee. Http merupakan protokol yang menyediakan perintah dalam komunikasi antar jaringan, yaitu komunikasi antara jaringan komputer client dengan web server. Dalam komunikasi ini, komputer clientmelakukan permintaan dengan mengetikkan alamat atau website yang ingin di akses. Sedangkan server mengolah permintaan tersebut berdasarkan kode protokol yang di inputkan.
HTTP disebut protokol Stateless karena setiap perintah dijalankan secara independen, tanpa pengetahuan tentang perintah yang datang sebelumnya. Ini adalah alasan utama yang sulit untuk menerapkan situs Website yang bereaksi secara cerdas untuk input pengguna.

Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS)

Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) memiliki pengertian yang sama dengan HTTP hanya saja HTTPS memiliki kelebihan fungsi di bidang keamanan (secure). HTTPS di temukan oleh Netscape Communication Corporation. HTTPS menggunakan Secure Socket Layer (SSL) atau Transport Layer Security(TLS) sebagai sublayer dibawah HTTP aplikasi layer yang biasa. HTTP di enkripsi dan deskripsi dari halaman yang di minta oleh pengguna dan halaman yang di kembalikan oleh web server. Kedua protokol tersebut memberikan perlindungan yang memadai dari serangan eavesdroppers, dan man in the middle attacks. Pada umumnya port yang digunakan HTTPS adalah port 443. Tingkat keamanan tergantung pada ketepatan dalam mengimplementasikan pada browser web dan perangkat lunak server dan didukung oleh algorithma penyandian yang aktual. Oleh karena itu, pada halaman web digunakan HTTPS, dan URL yang digunakan dimulai dengan ‘https://’.
Https dapat menjamin keamanan dalam Autentikasi server yaitumemungkinkan peramban dan pengguna memiliki kepercayaan bahwa mereka sedang berbicara kepada server aplikasi sesungguhnya.Https juga mampu dalam menjaga kerahasiaan data dan Integritas data.

Perbedaan utama HTTP dan HTTPS

Perbedaan utama antara http dan https, dimulai dengan port default, yang 80 untuk http dan 443 untuk https. Https bekerja dengan transmisi interaksi yang normal http melalui sistem terenkripsi, sehingga dalam teori, informasi tidak dapat diakses oleh pihak selain klien dan server akhir. Ada dua jenis umum lapisan enkripsi: Transport Layer Security (TLS) dan Secure Socket Layer (SSL), yang keduanya menyandikan catatan data yang dipertukarkan.

Cara Kerja

Https bukan protokol yang terpisah, tetapi mengacu pada kombinasi dari interaksi HTTP normal melalui Socket Layer terenkripsi SSL (Secure) atau Transport Layer Security (TLS) mekanisme transportasi. Hal ini menjamin perlindungan yang wajar dari penyadap dan (asalkan dilaksanakan dengan benar dan otoritas sertifikasi tingkat atas melakukan pekerjaan mereka dengan baik) serangan.
Port default TCP https: URL adalah 443 (untuk HTTP tanpa jaminan, defaultnya adalah 80). Untuk mempersiapkan web-server untuk koneksi https penerima harus sebagai administrator dan membuat sertifikat kunci publik untuk server web. Sertifikat ini dapat dibuat untuk server berbasis Linux dengan alat seperti Open SSL yang ssl atau gensslcert SuSE. Sertifikat ini harus ditandatangani oleh otoritas sertifikat satu bentuk atau lain, yang menyatakan bahwa pemegang sertifikat adalah siapa yang mereka ajukan. Web browser pada umumnya didistribusikan dengan penandatanganan sertifikat otoritas sertifikat utama, sehingga mereka dapat memverifikasi sertifikat yang ditandatangani oleh mereka.
Bila menggunakan koneksi https, server merespon koneksi awal dengan menawarkan daftar metode enkripsi mendukung. Sebagai tanggapan, klien memilih metode sambungan, dan klien dan sertifikat server pertukaran untuk otentikasi identitas mereka. Setelah ini dilakukan, kedua belah pihak bertukar informasi terenkripsi setelah memastikan bahwa kedua menggunakan tombol yang sama, dan koneksi ditutup. Untuk host koneksi https, server harus memiliki sertifikat kunci publik, yang embeds informasi kunci dengan verifikasi identitas pemilik kunci itu. Sertifikat Kebanyakan diverifikasi oleh pihak ketiga sehingga klien yakin bahwa kuncinya adalah aman.

Keuntungan  mengubah HTTP menjadi HTTPS?

Untuk mengamankan komunikasi antara browser dengan web server. Bagaimana bisa? Ilustrasi singkat berikut akan menjawabnya: Ketika Anda mengakses sebuah web server yang menggunakan protokol HTTPS, halaman yang dikirimkan pada Anda telah dienkripsi dulu oleh protokol ini. Dan semua informasi yang Anda kirimkan ke server (registrasi, identitas, nomor pin, transfer pembayaran) akan dienkripsi juga sehingga tidak ada yg bisa mencuri dengar (eavesdropping) data-data Anda  ketika proses transaksi sedang berlangsung. Maka transaksi data Anda menjadi lebih safe. Protokol HTTPS bisa anda temukan pada situs-situs perbankan, ecommerce, form registrasi, dsb. Karena di area bisnis inilah rentan sekali terjadi eavesdropping oleh pihak ketiga. Untuk itulah Anda membutuhkan sertifikat SSL.
Sumber: http://mediabisnisonline.com/apa-sih-bedanya-http-dan-https-pelakari-disini/

[SoftSkill] Cara Mendaftarkan Website ke Webmaster Tools

Memiliki website yang banyak dicari oleh netizen adalah impian setiap pebisnis. Karena website atau blog sendiri memberikan kontribusi besar untuk kebutuhan marketing sebuah bisnis. Dan salah satu yang mendukung perkembangan sebuah website atau blog di mesin pencari Google adalah Webmaster Tools. Dari sini kita bisa melihat dan mengatur bagaimana website kita akan tampil nantinya. Nah, berikut ini adalah cara mendaftarkan website ke webmaster tools.
? Gunakan Akun Gmail Anda, jika belum punya silahkan daftar dulu.
? Akses ke alamat Webmastertool.
? Setelah Anda Sign in, selanjutnya Anda akan melihat halaman seperti gambar dibawah ini dan masukkan URL website atau blog Anda dengan klik Add A Site.
1
? Setelah itu Anda akan di bawah ke verifikasi, di verifikasi itu ada 2 Metode, yaitu Recommended Method dan Alternate Method.
2
*Penjelasan:
Jika Anda memilih Recommended Method Anda harus mendownload file HTML di nomor 1, dan setelah itu Anda upload ke folder root website anda melalui FTP, setelahAnda upload silahkan klik Verifiy.
3
*Penjalasan:
Jika Anda memilih Alternate methods Anda 4 pilihan. Jika Anda menggunakan CMS WordPress atau Blogger, Anda harus menggunakan metode yang ini dan memilih HTML Tag.
Untuk memasukkan di WordPress.com Anda copy code tersebut dan masukkan ke menu tools dan masukkan di kolom Webmastertool Google.
Setelah itu aktifkan, jika Anda menggunakan WordPress untuk self hosted dan menggunakan: All in one SEO Anda bisa memasukkan ke setingan All in one SEO setelah itu simpan dan lakukan verifikasi.
? Jika proses verifikasi di atas sudah Anda lakukan dan berhasil, sekarang Anda harus memasukkan Sitemap.xml website atau blog Anda juga dengan cara masuk ke menu Crawl dan klik tombol Add/Test Sitemap, setelah itu masukkan url sitemap.xml seperti gambar dibawah ini.
4
Selain kegunaan diatas, masih banyak lagi kegunaan dari Google Webmastertool, seperti kita bisa menghapus URL yang sudah rusak atau 404 di Google index -> Remove URL dan juga bisa melihat url kita yang rusak di Crawl Errors dan juga bisa langsung dihapus.
Sumber: http://mediabisnisonline.com/cara-mendaftarkan-website-ke-webmaster-tools/

[SoftSkill] 15 Bahasa Pemrograman yang Perlu Diketahui di Tahun 2015

Teknologi semakin berkembang di tahun 2015 ini, mulai dari gadget yang akan terus mengeluarkan merek baru, varian dan juga model baru. Selain itu aplikasi yang ada di dalamnya juga akan semakin baru dan membuat siapapun yang menggunakan smartphone ataupun aplikasi desktop lainnya semakin dimudahkan. Peran desainer dan juga programmer sangatlah penting dalam menciptakan kemudahan bagi masyarakat luas ini. Menjadi programmer juga ahur slealu update berita dan ilmu baru apa saja yang kira – kira semakin dibutuhkan oleh mereka. Termasuk bahasa pemrograman. Di tahun 2015 ini, ada 15 bahasa pemrograman yang wajib dan perlu diketahui bahkan dipelajari oleh para programmer. Apa saja itu?

1. Java

Java adalah salah satu bahasa pemrograman yang sangat populer dalam membangun dan mengembangkan aplikasi baik mobile ataupun desktop. Dengan Java dan seluruh kerangka kerjanya, para pengembang website bisa membuat aplikasi web scalable untuk banyak pengguna. Java juga merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi Android asli untuk smartphone dan juga tablet.

2. Javascript

Bahasa pemrograman Javascript
Setiap situs atau website yang saat ini ada di internet menggunakan Javascript. Bahasa pemrograman ini membuat sebuah website atau tampilan situs menjadi lebih interaktif. Lebih user friendly dan juga responsif. Kita bisa menggunakan bahasa pemrograman Javascript dengan satu dari puluhan kerangka Javascript populer. Dan Javascript akan semakin populer ketika perkembangan website responsif terus terjadi dan diminati oleh pengguna internet.

3. C#

C# adalah bahasa utama yang digunakan untuk pengembangan platform dan layanan Microsoft. C# adalah cara tercepat yang ditawarkan Microsoft dan bisa kita gunakan ketika ingin membangun aplikasi website modern atau aplikasi deskto yang kuat untuk bisnis kita. C# juga populer sebagai mesin pengembang Unity permainan dan menjadi salah satu bahasa utama yang digunakan. Terdengar sangat kuno memang tapi sangat dibutuhkan dan paling banyak dicari.

4. PHP

PHP
Aplikasi website seperti apapun bentuknya tentu membutuhkan data di dalamnya. Bahasa pemrograman PHP dan juga database seperti MySQL adalah alat penting yang tidak bisa dipisahkan, ketika kita ingin membangun aplikasi website modern. Kekuatan bahasa pemrograman PHP dimanfaatkan oleh mayoritas website berbasis data saat ini dan merupakan teknologi dasar yang digunakan untuk membangun manajemen konten sebuah website, seperti WordPress. Dan bahasa pemrograman ini mudah untuk dikembangkan, sehingga sangat mudah untuk digunakan oleh para programmer baik pemula atau yang sudah ekspert.

5. C++

Bagi pemula, seorang programmer bisa terlebih dahulu mempelajari bahasa pemrograman C++. Bila kita ingin menguji kemudahan dan hasil yang kuat dalam memproses data pada aplikasi kita, C++ adalah pilihan yang tepat. Bahasa ini juga kuat untuk membuat aplikasi desktop seperti game hardware accelerated dan aplikasi memory intensif pada desktop, konsol dan juga perangkat mobile.

6. Python

Bahasa pemrograman Python
Bahasa pemrograman Python memang jarang terdengar atau mungkin jarang yang menggunakan, tapi bahasa ini hampir bisa melakukan semuanya. Contohnya saja aplikasi web yang user friendly, menganalisis data statistik apapun dan masih banyak lagi. Dan baru – baru ini Python telah digunakan sebagai alat utama bagi para ilmuwan data untuk menyaring data besar untuk industri apapun.

7. C

Bahasa C? Bukankah ini bahasa yang sudah sangat kuno? Beberapa orang meragukan kemampuan bahasa C dalam membantu mereka menciptakan aplikasi yang sangat kuat dan cepat. Jika kita ingin membangun sebuah perangkat lunak untuk embedded system, dengan ukuran yang kecil, akses yang cepat dan kuat, maka bahasa C sangat cocok digunakan. Kuno tapi sangat populer dan masih tetap dibutuhkan. Itulah keunggulan dari bahasa C.

8. SQL

bahasa pemrograman SQL
Setiap aplikasi baik desktop ataupun website tentu membutuhkan sebuah wadah yang bisa digunakan untuk menyimpan seluruh data mereka. SQL memberikan kita kemampuan untuk menemukan informasi yang tepat dan cepat, berulang dan juga dapat diandalkan. Menggunakan SQL memudahkan kita dalam membuat query dan mengambil data dari yang kecil sampai yang besar, dan juga kompleks.

9. Ruby

Bahasa pemrograman Ruby
Ingin membuat sebuah proyek aplikasi atau website besar dalam waktu yang singkat? Ruby dapat membantu kita membuat sebuah aplikasi dengan cepat. Bahasa pemrograman Ruby dikenal sangat mudah digunakan untuk belajar dan sangat kuat. Selain itu sangat kuat membangun ribuan aplikasi website populer di seluruh dunia.

10. Objective C

Jika Anda tertarik untuk membuat aplikasi untuk iOS, kita bisa menggunakan bahasa pemrograman Objective C. Sementara itu di tahun lalu kita terpusat pada bahasa baru Apple Swift, Objective C masih merupakan bahasa dasa yang digunakan untuk membantu menciptakan aplikasi untuk Apple. Dengan Objective C dan Xcode, alat pengembangan perangkat lunak resmi dari Apple bisa kita dapatkan di App Store dalam waktu singkat.

11. Perl

Bahasa pemrograman Perl
Mungkin beberapa orang akan sangat asing dengan bahasa pemrograman Perl ini. Tapi bahasa pemrograman ini sangat kuat dan merupakan kunci bagi siapapun yang mencari keamanan data untuk aplikasi website mereka. Bahasa pemrograman Perl telah mendukung pembangunan aplikasi website sejak awal kemunculannya, dan sampai saat ini masih dianggap sebagai alat utama bagi setiap profesional IT.

12. Net

Net adalah platform utama yang digunakan untuk membangun Microsoft baik untuk layanan dan pengembangan aplikasi yang selalu disambut baik di setiap perilisannya. Karena upaya terbaru dari Microsoft yaitu open sourcing, NET sekarang hadir di Google dan Apple sebagai platformnya. Sebagai hasilnya, kita dapat menggunakan NET sebagai bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun aplikasi yang mudah untuk berbagai platform.

13. Visual Basic

Bahasa pemrograman visual basic
Visual Basic adalah bahasa yang bisa kita gunakan untuk membangun aplikasi untuk bisnis. Sebuah bahasa utama dari platform NET, memungkinkan kita untuk membangun aplikasi yang mendukung bisnis kita dan mengotomatisasi aplikasi Office seperti Excel. Sehingga benar – benar memudahkan kita dalam menyelesaikan tugas yang paling umum digunakan.

14. R

Bahasa pemrograman R sangat powerful. R merupakan bahasa yang harus diketahui semua programer di tahun 2015 ini. Bahasa ini sangat cocok untuk mereka yang membutuhkan analisis data besar dan sangat serius. Dari ilmu pengetahuan, bisnis, hibura sampai media sosial. R adalah bahasa yang bisa digunakan untuk belajar menganalisis data statistik di hampir setiap bidang yang kita minati.

15. Swift

Bahasa Pemrograman Swift
Dalam satu tahun ini, bahasa pemrograman Swift telah menjadi bahasa pemrograman yang cocok untuk pengembangan aplikasi di seluruh dunia. Bahasa ini dipilih karena cepat dan mudah untuk pengembangan sistem Mac dan iOS operasi Apple. Aplikasi ini merupakan bahasa yang ramah untuk pemula, sehingga memungkinkan siapapun untuk mengembangkan aplikasi untuk iOS dan Mac OS X.
Sumber: http://mediabisnisonline.com/15-bahasa-pemrograman-yang-perlu-diketahui-di-tahun-2015/

[SoftSkill] 10 Unsur Penentu Kualitas Naskah Iklan

Iklan merupakan pesan yang disampaikan kepada masyarakat tentang barang/jasa(poduk) yang dibuat oleh pemrakarsa dan disampaikan melalui media(cetak, audio, maupunelektronik) dengan tujuan agar masyarakat tertarik untuk membeli atau menggunakan barang/jasa tersebut.
Secara umum iklan dibagi menjadi 3 bagian, yaitu pembukaan(opening), tubuh iklan(body ad) dan penutup(closer). Widyatama(2011) dalam bukunya yang berjudul “Teknik Menulis Naskah Iklan” menjabarkan kerangka iklan secara rinci terdiri dari 10 hal utama, yaitu judul iklan(ad headline), sub judul iklan(sub ad headline), tubuh iklan, penutup(closer), flash, banner, ilustrasi, logo, slogan dan warna.
Berikut uraian singkat mengenai  10 hal utama yang menentukan kualitas iklan.

1. Judul Iklan(ad headline)

Ad headline(kepala pesan iklan) berfungsi untuk menarik perhatian awal pembaca. Headline iklan yang menarik berfungsi untuk menahan mata berhenti sesaat melakukanpencarian pesan lain(eye caching) sehingga membaca bagian selanjutnya. Headline iklan yang baik memiliki ciri – ciri
  • Dibuat dengan tulisan yang menonjol, bentuk huruf dibuat lebih besar disertai warna yang mencolok dan menarik
  • Terdiri dari kalimat pendek, bahkan hanya satu kata
  • Berisi kalimat/kata yang mengandung pesan kuat sehingga menarik perhatian masyarakat (bersifat pesuasif bahkan provokatif).

2. Sub judul iklan(sub ad headline)

Sub judul iklan bertugas menjabarkan pesan yang terdapat dalam judul, namun lebih ringkas dari tubuh iklan. Sub judul berfungsi memelihara perhatian yang telah diperoleh untuk digiring memperhatikan tubuh iklan. Sub judul dapat diletakkan diatas headline atau dibawahnya. Kita harus mempertimbangkan unsur seni dan fungsi.
Sub judul tidak muthlak harus ada dalam iklan. Hal ini tergantung kebutuhan. Apabila dipaksakan justru akan merusak keindahan dan kekuatan iklan itu sendiri.

3. Tubuh iklan(body text)

Pada bagian ini, pesan iklan dituliskan secara detail. Pemilihan kalimat pada body text harus singkat, padat dan jelas dan mengandung unsur persuasive dan provocative.

4. Closer

Closer adalah bagian penutup yang memiliki fungsi menyimpulkan iklan, mengarahkan pada pesan tertentu, memerintah untuk melakukan sesuatu, menegaskan pesan tentang merek, keunggulan produk, menginformasikan alamat, waktu, kesempatan, serta mengingatkan kembali inti pesan. Agar lebih menarik, pada bagian penutup(closer) ditambahkan tanda, gambar, symbol, dan pictografi lainnya. Penyimpulan iklan sangat diperlukan agar iklan tidak mengambang dan masyarakat tidak membuat kesimpulan sendiri mengenai iklan tesebut.

5. Flash

Flash merupakan bagian iklan yang menonjolkan pesan iklan yang lebih penting dari bagian lain. Flash identic dengancahaya, sehingga flash dicirikan dengan bentuk bangun bergerigi di sekelilingnya. Flash tepat digunakan untuk maksimal 2 kata. Flash berfungsi untuk menarik pandangan, sehingga bagian terpenting dari iklan diletakkan dekat dengan flash.

6. Banner

Banner adalah bagian berbentuk garis parallel(pita memanjang) yang didalamnya terdapat pesan penting. Banner berfungsi menonjolkan pesan tertentu sehingga ruang banner perlu ditambahkan warna yang kontras.

7. Ilustrasi

Adalah gambar reka bentuk berupa gambar orang, binatang, tumbuhan, benda mati, abstrak, dsb(Widyatama, 2011). Ilustrasi dapat berupa foto, lukisan, gambar, dll. Ilustrasi berfungsi untuk menambah daya tarik iklan serta menegaskan pesan iklan.

8. Logo

Adalah tanda merek dagang. Logo merupakan identitas perusahaan/produk dalam bentuk visual. Menurut Paul Nielson (1997) dalam Widyatama (2011) logo/tanda dagang sebaiknya harus mengandung keaslian, cocok dengan produk, mudah diingat, mudah dikomunikasikan. Pembuatan logo harus mencerminkan aspeksejarah, kekhasan, asosiatif, artistic, komunikatif dan simbolik.

9. Slogan

Slogan diartikan sebagai motto atau kalimat yang mengandung ekspresi ide atau tujuan yang mudah diingat. Keberadaan slogan dapat menjadi ciri khas perusahaan atau produk.

10. Warna

Warna memiliki fungsi komunikasi dan menerik perhatian. Warna tidak hanya memperbaiki penampilan tetapi juga menanamkan memmori bagi pembaca.
Sumber:
Widyatama, Rendra. 2011. Tekinik Menulis Naskah Iklan Agar Tepat Kena Sasaran. Yogyakarta: Penerbit Cakrawala.
Sumber: http://mediabisnisonline.com/10-unsur-penentu-kualitas-naskah-iklan/

[SoftSkill] 15 Tools Terbaik Google untuk Para Marketer

Hampir tidak ada yang tidak mengenal Google. Semua orang tahu dan sudah pasti menggunakannya untuk mencari informasi dan pengetahuan. Banyak juga tools yang Google ciptakan untuk para penggunanya, mulai dari pelajar sampai para profesional atau pebisnis. Dan kali ini kita akan membahas 15 tools terbaik yang Google ciptakan untuk para marketer:

1. Google My Business

Ketika ingin mulai berbisnis dan menyertakan internet, tentu yang kita inginkan adalah mudah ditemukan oleh para netizen kan? Nah, bagi para pebisnis yang ingin lebih cepat dan mudah ditemukan, daftarkan saja bisnis Anda ke Google My Business(yang sebelumnya dikenal sebagai Google Places) dan bisnis Anda bisa ditampilkan dalam hasil pencarian(juga di Google Maps). Dengan mendaftar biodata bisnis kita akan mudah untuk dicari dan tampil di halaman pertama Google. Dan secara otomatis, data yang kita inputkan juga akan tampil di halaman Google+ bisnis kita.

2. Google+

Semenjak dihapusnya Google Authorship dan Google +1 dari hasil pencarian, kita menjadi tahu betapa pentingnya halaman Google+ untuk bisnis kita. Dari yang awalnya hanya sebagai akun yang secara otomatis aktif ketika kita membuat akun Google, kali ini Google+ banyak dicari karena dinilai mampu bersaing dengan Facebook dan Twitter untuk media sosial berbisnis.
Di dalam akun Google+, kita bisa memaksimalkan tampilannya, memaksimalkan kinerja dengan konten yang kita berikan, dan lain sebagainya. Mencari dan mendapatkan pelanggan juga investor juga bisa dari Google+.

3. Google Webmaster Tools

Jika Anda ingin memiliki website yang sehat di mata Google, Anda bisa menggunakan dan mengoptimasi Google Webmaste Tools. Google Webmaster Tools akan mengingatkan Anda untuk selalu update, karena ini bisa mencegah situs kita dari dihapus dari mesin pencari. Selain itu juga bisa menganalisis lalu lintas pencarian yang ada, sehingga kita bisa memahami bagaimana pengujung yang datang dan aktif di website kita.

4. Google Adwords

Selain itu, jika Anda ingin meningkatkan peringkat website Anda pada mesin pencari, cobalah untuk aktif penggunakan Google Adwords, seperti PPC(Pay Per Click) dari Google. Jika Anda ragu untuk mencobanya, berikut ini cara kerjanya:
Anda membuat iklan yang menargetkan kata kunci dengan spesifik yang tentu saja terkait dengan bisnis Anda. Dan iklan akan muncul di atas atau di sebelah kanan hasil mesin pencarian Google, ketika orang mencari kata kunci tersebut. Biaya iklan yang harus dibayar tergantung pada daya saing kata kunci yang Anda targetkan, tapi Anda hanya akan membayar jika pengunjung benar – benar mengklik iklan Anda.

5. Google Adwords Keyword Planner

Memiliki website yang banyak dicari pengguna internet, tidak lepas dari penggunaan SEO di dalam website kita. Kita mungkin ingin melakukan penelitian terhadap kata kunci yang kita inginkan. Google Adwords Keyword Planner akan membantu kita untuk mengidentifikasi kata kunci yang akan kita targetkan. Karena jika keyword sudah sesuai, maka dengan mudah kita bisa membuat konten website yang relevan dan mudah ditemukan di Google.
Perlu diingat! Ketika kita perlu menyiapkan akun AdWords menggunakan Google Adwords Keywords Planner.

6. Google Trend

Selain Google Keywords Planner, kita juga membutuhkan satu tools Google lainnya, yaitu Google Trends. Google Trends adalah alat yang hebat untuk membantu kita membuat pilihan cerdas dari kata kunci yang kita miliki. Hal ini memungkinkan kita untuk mengevaluasi popularitas keyword atau istilah tersebut. Membandingkan variasi kata kunci lainnya, menganalisis bagaimana popularitas mereka bisa bervariasi dari waktu ke waktu, dari daerah, bahasa dan menunjukkan kata kunci terkait, yang memberik kita saran untuk kata kunci yang baru.

7. Google Docs, Sheets, Slide & Formulir

Era kolaborasi, Google ternyata sudah jauh berfikir ini sebelum kita. Google memiliki tools yang membuat kita bisa menjalin kolaborasi dengan para pebisnis. Dengan itu Google menciptakan tools kolaborasi yang besar dan bisa digunakan oleh banyak orang sekaligus. Mulai dari:
  • Google Docs untuk membuat dokumen Word
  • Google Sheets untuk membuat spreadsheet Excel
  • Google Slides untuk membuat presentasi Power Point
  • Google Formulir untuk memudahkan kita mengumpulkan feed back dari survey sederhana
Kita harus mempertimbangkan untuk menggunakan mereka dalam berbagai project kolaborasi, seperti data pemasaran analisis, e-book atau postingan blog yang di draft.

8. Google Drive

Google Drive adalah layanan penyimpanan online gratis dari Google. Dengan tools ini memungkinkan pengguna dapat menyimpan sekitar 15GB data secara gratis pada penyimpanan cloud. Mulai dari fie foto, dokumen, desain, video dan lain sebagainya. Google Drive juga memungkinkan kita untuk berbagi file atau folder dengan orang lain dan ini membantu kita menciptakan kolaborasi dengan mudah.

9. Google Alerts

Google Alerts memungkinkan Anda untuk memonitor website untuk menyebutkan kata kunci tertentu atau frase yang ada. Setelah itu, kita akan menerima email atau hasil melalui RSS setiap kali ada ungkapan ini disebutkan secara online. Misalnya ketika kita mendaftarkan diri untuk mendapatkan pemberitahuan setiap kali seseorang menyebutkan nama perusahaan kita, produk kita, bahkan pesaing kita. Google Alert akan memberitahu kita pada
waktu yang tepat.

10. Google News

Bermain di rana online mengharuskan kita bisa memanfaatkan popularitas berita yang ada. Tujuannya tidak lain untuk meningkatkan penjualan dan keberhasilan pemasaran kita. Dengan Google News kita dengan mudah menemukan dan mengidentifikasi berita yang relevan dengan bisnis kita.

11. Google Voice

Pada era dimana semua orang sudah menggunakan ponsel dan aktif menggunakan internet, itu juga saat dimana para pebisnis memiliki peluang besar mendapatkan pelanggan dari perkembangan ini. Sekalipun masih tersedia di Amerika, Google Voice memungkinkan kita utnuk membuat pesan suara pribadi tergantung kepada siapa kita menelpon dan mudah untuk menuliskan pesan suara itu.

12. Google Calendar

Ada kalanya kita bekerja tapi lupa waktu, bahkan semua tugas yang ingin dikerjakan menjadi berantakan. Dan menjadi orang yang teratur dan terorganisir akan menjadi pemasar yang produktif. Google Calendar adalah cara yang mudah untuk dapat membantu mengatur aktivitas harian kita.
Dengan Google Calendar, kita juga dengan mudah untuk mengatur postingan blog, konten pemasaran lain dan membagi kontributor konten baik secara internal maupun eksternal.

13. Google Analytics

Memiliki website yang ramai adalah impian kita. Dan untuk melihat bahkan mengoptimalkan konten dan aktivitas website kita, kita bisa melakukan pemantauan dari Google Analytics. Kita akan tahu berapa lama ornag akan menghabiskan waktu di situs kita, apakah konten kita memiliki bounce rate yang tinggi, dan juga siapa pengunjung kita semua akan dijawab oleh Google Analytics, produk analisis website gratis dari Google. Google Analytics
dapat memberikan Anda wawasan dan sumber informasi dengan menjelajahi situs kita.

14. Google FeedBurner

Ingin menumbuhkan jangkauan bisnis Anda? Maka Anda juga harus memungkinkan pengunjung untuk kembali dan bahkan berlangganan konten website Anda, khususnya blog atau website dengan menggunakan feed. Dengan menggunakan Google FeedBurner, pengunjung situs akan dengan mudah berlangganan konten Anda dan menerima update reguler melalui browser website mereka.

15. Youtube

Salah satu produk paling populer yang diresmikan Google pada tahun 2006, Youtube memiliki lebih dari 1 miliar pengguna yang menonton ratusan juta jam di Youtube dan menghasilkan miliaran pandangan setiap harinya. Dan kini video merupakan salah satu alat untuk memasarkan sebuah bisnis dengan sangat kuat dan mudah. Dengan membuat jaringan bisnis lebih banyak kita akan dengan mudah mendapatkan leads pelanggan potensial bagi bisnis kita.
Sumber: http://mediabisnisonline.com/15-tools-terbaik-google-untuk-para-marketer/

[SoftSkill] Mari Kita Cari Tahu Apa yang Membedakan IIX dan Open IXP!

Banyak penjual jasa hosting di Indonesia yang menggunakan kalimat “Hosting IIX Unlimited”, tapi jarang yang menggunakan kalimat “Hosting OpenIXP Unlimited”. Mungkin IIX lebih familier dibanding OpenIXP.

Nah, sebenarnya apa sih perbedaannya?

IIX adalah singkatan dari  Indonesia Internet eXchange. Sedang OpenIXP adalah singkatan dari Open Internet eXchange Point. IIX atau OpenIXP terdiri dari beberapa ISPs (Internet Service Provider) di seluruh Indonesia. Mereka saling “exchange” atau bertukar traffic antar satu dengan yang lainnya. Mereka tidak membayar satu sama lainnya ketika bertukar ini, jadi bisa dikatakan bahwa itu adalah “free” atau “unlimited” traffic. Misal, pengunjung menggunakan ISP X membuka web di ISP Y, maka mereka tidak membayar apapun dalam proses akses data tersebut.
IIX dijalankan oleh organisasi bernama APJII. Sedangkan OpenIXP dijalankan oleh perusahaan datacenter yang bernama IDC (Indonesia Data Center).Di berbagai kota di Indonesia juga ada exchange seperti itu. Misalnya di Surabaya ada yang namanya ODIX yang dijalankan oleh Omadata DataCenter dengan singkatannya OmaData Internet eXchange.
Beberapa ISP yang sudah kita kenal luas seperti speedy, mereka menggunakan OpenIXP dan IIX. Sehingga ketika mengakses situs yang hanya menggunakan jaringan IIX saja, maka tetap bisa dibuka dengan lancar. Nah, yang jadi masalah adalah ketika ada beberapa ISP lokal tertentu yang hanya menggunakan OpenIXP. Ketika mereka mengakses situs yang ada di IIX, maka biasanya tidak lancar. Kalau diping akan muncul RTO.
Sehingga dapat diartikan bahwa sebagian besar fungsi dari IIX dan OpenIXP adalah sama. Dan yang membedakan adalah organisasi yang menjalankannya. berbagai manfaat yang dapat diperoleh antara lain:
  • Merupakan jalur yang relatif lebih murah dibandingkan dengan menggunakan tulang punggung jaringan internet di negara lain (yang tentunya ingin mengambil keuntungan dari penggunaan fasilitasnya).
  • Merupakan jalur alternative bagi sebuah PJI (penyelenggara jasa internet) apabila jalur koneksi ke internet yang dimiliknya (langsung ke luar negeri) mengalami masalah.
  • Lebar pita (bandwidth) yang tinggi antar PJI Indonesia akan memberikan insentif bagi penyedia informasi (content provider) menempatkan asis datanya di Indonesia, baik bagi penyedia informasi local maupun internasional.
  • Interkoneksi nasional ini dapat dimanfaatkan untuk layanan-layanan baru yang membutuhkan lebar pita yang tinggi, yang mungkin dapat direalisir apabila mengandalkan interkoneksi melalui negara lain yang biayanya relatif tinggi.
Sumber: http://mediabisnisonline.com/mari-kita-cari-tahu-apa-yang-membedakan-iix-dan-open-ixp/

[SoftSkill] 5 Tools Apache Benchmark untuk Melihat Maksimal Traffik pada Website

Ketika men-setup sebuah server untuk production. Pastinya akan ada pertanyaan, sampai berapa kekuatan server yang telah disetup untuk menangani proses yang datang. Oleh karena itu perlu adanya tools untuk melihat kemampuan server dalam menangani trafik sebelum digunakan untuk proses production.
Apa sajakah tools yang bisa Anda gunakan?

AB TOOLS

AB tool merupakan tool Benchmark untuk HTTP server. Didesain untuk memberikan load stress pada server Anda. Termasuk memberikan informasi besarnya kemampuan untuk menangani sejumlah request perdetik yang diberikan. Keterangan untuk AB Tools secara resmi ada di halaman website apache:

WeigHTTP

Tools yang apabila diucapkan weighty ini merupakan alat uji Benchmark yang diklaim sangat ringan. Didesain untuk memberikan kecepatan dan kemudahan dan hanya mendukung untuk fraction (pecahan) paket yang kecil pada protokol HTTP.
Kelebihan lain dari weighty ini adalah support untuk multi threading yang membuat CPU modern dengan banyak core dapat berjalan layaknya asynchronousi/odalam request perdetik dengan single thread. Untuk event handling-nya, weighttp menggunakan library libev yang dapat membuatnya menjadi cepat.
Weighttp ini secara resmi ada di dalam web Lighttpd berikut ini:http://redmine.lighttpd.net/projects/weighttp/wiki.

HTTPress

Unixnya tools ini mengklaim terinspirasi dari Weighttp berdasarkan situs resminya dari bit bucket:https://bitbucket.org/yarosla/httpress/wiki/Home.
Beberapa fitur utama pada tool ini:
  • Tercatat menggunakan memory yang kecil, dan dapat menampung sampai banyak koneksi.
  • Multi threading.
  • Sudah support untuk SSL.
Karena terinspirasi Weighttp pastinya ada perbedaannya. Berikut ini perbandingannya dimana HTTPress mengklaim lebih baik:
  • Walaupun mendistribusikan load dengan cara multi thread, namun satu thread tidak diperbolehkan selesai sebelum thread yang sebelumnya selesai.
  • Informasi timeout saat pengukuran selesai. Memaksa seluruh koneksi untuk putus setelah koneksi program utama berjalan, sehingga tidak memperbolehkan segala kondisi mempengaruhi hasil pengukuran.
  • Support untuk SSL.

Apache JMeter

Apache JMeter adalah aplikasi open source yang menggunakan 100% aplikasi Java yang didesain untuk mengukur kebiasaan load dan performance pada server. Ini biasanya digunakan untuk melakukan testing pada aplikasi web dan telah dikembangkan untuk fungsi lain.
Apache Jmeter biasanya digunakan untuk melakukan pengecekan pada konten static dan juga dinamis. (Web service seperti SOAP/REST, pemrograman dinamis seperti PHP, java, ASP.NET, Files, dll, Java objects, data base dan query, FTP server dll). Tools ini dapat digunakan untuk melakukan simulasi trafik yang tinggi pada server maupun network.
Fitur yang terdapat pada apache JMeter antara lain:
  • Kemampuan untuk melakukan test performa pada protokol yang bebeda – beda
    • Web HTPP dan HTTPS
    • SOAP/REST
    • FTP
    • Database via JDBC
    • LDAP
    • Message Oriented Middleware (MOM) via JMS
    • Mail SMTP(S), POP(S) dan IMAP(S)
    • MongoDB
    • Shell scripts
    • TCP
  • Portable dengan 100% interface java
  • Full multi threading framework
  • Caching dan offline analisis test result
  • Sangat extensible
    • Unlimited testing
    • Timernya dapat dibuat berbeda
    • Dll
Sumber : http://mediabisnisonline.com/5-tools-apache-benchmark-untuk-melihat-maksimal-traffik-pada-website/